SUNGAI TAMIANG

SUNGAI TAMIANG

Sungai Tamiang merupakan satu diantara sungai-sungai yang ada di provinsi Aceh, keberadaan sungai ini membelah kabupaten Aceh Tamiang dan sebagian Aceh Timur. Dalam sepanjang sejarah sungai tamainag merupakan sungai besar yang digunakan jalur transfortasi dari wilayah hulu turun ke wilayah hilir atau sebaliknya. Sungai yang bermuara di pantai utara Aceh Tamiang dahulunya merupakan jalur tranforatsi masyarakat hulu Tamiang (Babo) hingga Aceh Timur ( simpang jernih) menuju kualasimpang saat jalur darat belum memadai. Setidaknya ada beberapa kecamatan saat ini yang berada di daerah aliran sungai Tamiang yaitu kecamatan Bandar Pusaka, Sekrak, Karang Baru, Kualasimpang, Rantau Bendahara dan Seruway (sungai kanan). Kecamatan Kejuran Muda, Tamiang Hulu (sungai kiri). Sungai Tamiang terbelah dua dan bertemu di Kualasimpang, sehingga karena pertemuan dua aliran sungai ini maka kota kecil yang berada di tepi aliran sungai ini disebut kulasimapang.

Banjir Musiman

Pada musim penghujan tiba debit air sungai tamiang meningkat terutama karena tingginya urah hujan dari daerah hulu. Meningkatnya debit air sungai juga sering kali menimbulkan banjir musiman di daerah aliran sungai. Banjir musiman yang melanda daerah aliran sungai dapat memperparah keadaan bilamana curah hujan tinggi dan bertepatan dengan pasang air laut. Air sungai terhambat sampai ke muara akibat air laut sedang pasang pertengahan bulan. Banjir besar yang melanda kabupaten Aceh Tamiang pernah terjadi pada tahun 1996, 2006, 2022 sehingga menyebabkan ratusan kepala keluarga mengungsi. 

banjir sungai tamiang

Kekayaan Sungai Tamiang

Keberadaan sungai tamiang sendiri sangat membantu masyarakat sebagai sarana dan tempat mencari nafkah. Sungai Tamiang sebagai sarana jalur transfortasi membawa hasil hutan seperti kayu gelondong dari wilayah hulu ke hilir. Sungai tamiang merupakan tempat mencari nafkah dengan kekayaan material seperti kerikil, batu dan pasir seagai bahan material pembuatan bangunan.

Dalam setiap harinya ratusan kubik material angkat kepermukaan daratan guna memenuhi kebutuhan akan material oleh masayarakat atau pemerintah dalam proses pembangunan.

Kayu hasil elegal loging

Galian c Sungai Tamiang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SUNGAI TAMIANG"

Posting Komentar