ANDA PEMBELAJAR YANG HEBAT

Perubahan dan perkembangan yang terjadi disekitar kita baik di lingkungan tempat tinggal atau tempat bekerja sering membuat kita untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri. Hal ini harus dilakukan oleh setiap orang yang mengalamai situasi perubahan agar tidak berdampak dalam kehidupannya. Menghadapi perubahan dan perkembangan kerap menuntut setip orang peka dengan keadaan dan meningkatkan kecakapan atau kemampuannya terutama yang menyangkut dengan keberlangsungan karirnya. Kecakapan yang dimaksud adalah kecakapan mental, spiritual dan intelektual.

Dalam upaya meningkatkan kecakapan diatas seseorang biasanya melakukan beberapa upaya dengan BAGAIMANA.......

1. mengingat lebih baik ?
2. membaca lebih baik ?
3. menyimak lebih baik ?
4. berpikir lebih baik ?
5. belajar lebih baik ?

Dari kelima pertanyaan diatas manakah yang anda rasakan paling sulit untuk dilakukan?, dan untuk menghadapai berbagai perubahan dan perkembangan manakah yang harus dilakukan seseorang?. 
Jawabannya adalah " BAGAIMANA BELAJAR LEBIH BAIK ? ", dengan meningkatkan kemampuan belajar lebih baik maka setiap orang akan berupaya meningkatkan bagaimana mengingat, membaca, menyimak/mendengar, dan berpikir.

Menurut Jean Marie Stine setiap orang adalah pembelajar yang alami, manusia diberi kemampuan oleh sang pencipta kemampuan belajar secara alami. Dengan kecerdasannya seseorang mampu mengamati, menemukan, meniru, merubah dan menciptakan hal baru. Maka dapat dikatan setiap orang adalah pembelajar yang hebat. Akan tetapi sebagian besar diantara kita tidak menyadari akan hal itu, mengapa ?
1. Karena pengalaman belajar negatif saat di dalam atau di luar sistem pendidikan.
2. Kurangnya pelatihan bagaimana menggunakan talenta belajar alami untuk belajar.

Penulis pernah memperhatikan seorang siswa tuna netra ( low vision ) bagaimana belajar catur dengan pelatih catur tuna rungu, suatu pengalaman belajar yang sulit antara dua orang yang memiliki keterbatasan melihat dan mendengar. Berangkat dari teori Jean kedua orang tersebut dapat menemukan pola belajar berbeda sehingga kedua dapat berinteraksi karena adanya kemampuan belajar secara alami. 
 
Disaat seseorang sedang menghadapi persoalan baru yang belum atau tidak pernah dilakukan atau dimengerti, maka seseorang akan meragukan kemampuannya atau bahkan terancam bila ia tidak dapat menyelesaikannya dengan baik. Persoalan-persolan  baru yang dihadapi terutama menyangkut dengan keerlangsungan karirnya maka menuntut seseorang untuk belajar. Hal yang menghambat dan menghantui seseorang dalam belajar adalah respon negatif dengan pemikiran bahwa belajar itu sesuatu yang sulit, penuh susah payah, melelahkan, membosankan dan anggapan bukan keahliannya.

Bila anda ragu dengan kempuan diri anda bahwa anda meruapakan pembelajar yang hebat dan luar biasa, Jean Marie Stine memberikan tips :
1. Ambil secarik kertas atau buka file baru di komputer anda
2. Tuliskan beberapa hal yang pernah anda pelajari saat di sekolah yang masih anda ingat
3. Tuliskan hal-hal yang telah anda pelajari untuk dapat melakukan kegiatan waktu senggang, hobi atau olah raga
4. Tuliskan hal-hal yang dipelajari untuk pekerjaan anda saat ini
5. Tuliskan hal-hal yang pernah anda pelajari untuk pekerjaan sebelumnya
6. Tuliskan hal apa saja yang telah anda pelajari namun tidak berhuungan dengan dengan hal-hal diatas.

Sugiman, S.Pd
Guru SLB Negeri Pembina Aceh Tamiang   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ANDA PEMBELAJAR YANG HEBAT"

Posting Komentar